Search

10 Street Food Terfavorit di Asia

Kuliner menjadi salah satu sektor yang membantu berkembangnya pariwisata di berbagai negara di Asia. Di zaman sekarang, bahkan kuliner dijadikan objek wisata dan punya sentra tersendiri lho!

Kamu semua pasti setuju kan kalau jalan-jalan itu belum lengkap rasanya jika belum icip-icip makananya? Makan-makan memang gak boleh ketinggalan selagi kita berpelesir, terutama saat jalan-jalan di Asia. Gak harus melulu makan di restoran kok. Beberapa daftar streetfood yang katanya mantap banget ini bisa mudah kamu jumpai di pinggir-pinggir jalan.

Katanya sih, kuliner-kuliner berikut hanya bisa kamu temui di Asia. Apa saja kira-kira? Langsung aja cek deh guys..

1. Pho

taste.com.au

Pho atau yang biasa didengar ‘Fuh’ adalah makanan yang cocok untuk menghangatkan tubuh selepas jalan-jalan di Vietnam. Pho ini terdiri atas mi yang terbuat dari tepung beras dan aneka isian, seperti suwiran daging, bakso dan tahu, lengkap juga dengan kuah gurih yang rasanya nikmat abis!

Dengan diberi beragam rempah dan tambahan daun basil, aroma makanan ini yakin deh akan membuat seleramu tergoda. Saat ini pho disebut-sebut menjadi salah satu streetfood yang paling populer dan banyak di cari wisatawan di Asia! Penasaran cobain gak?

2. Panipuri

foodguruz.in

Panipuri adalah salah satu panganan kaki lima yang sangat terkenal di India. Nama panipuri ini berasal dari dua komponen makanan itu sendiri, yakni puri adonan berbentuk bulat dan pani yang merupakan kuah.

Puri memiliki tekstur kering seperti opak dan bagian tengahnya kosong, kemudian disajikan bersama kuah air asam, cabai dan garam bernama pani. Bagi yang suka, kamu juga bisa menambahkan kentang, bawang atau chickpeas di dalam puri supaya nggak terasa kosong.

Karena ukuran panipuri yang tidak terlalu besar, maka orang India biasa memakannya dalam sekali lahap!

3. Gua Bao

greatbritishchefs.com

Banyak orang yang bilang kalau gua bao ini burgernya Taiwan. Ya, sekilas tampilan gua bao memang mirip dengan burger. Bedanya, roti dari gua bao ini berwarna lebih terang. Roti dari gua bao ini dimasak dengan cara dikukus. Hasilnya, roti dari gua bao memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lembut.

Jajanan kaki lima yang paling populer di Taiwan ini biasa disajikan dengan isian daging, acar, kacang tanah dan saus sambal. Roti dari gua bao sengaja disajikan terbuka untuk menampilkan bagian dalamnya.

Gua bao ini diadaptasi khusus untuk para vegetarian. So, kamu yang lagi diet, pas banget makan kudapan satu ini.

4. Som Tam Thai

bookinggroupon.com

Selanjutnya ada Som Tam Thai. Salad khas Thailand ini sangat banyak dijual di kedai-kedai pinggir jalan. Som Tam Thai sendiri merupakan panganan yang terbuat dari pepaya muda yang belum dimasak, dan berisi kacang, kemangi, merica, bawang putih dan bumbu-bumbu tertentu, kemudian ditumbuk.

Mirip-mirip dengan rujak, som tam thai ini memiliki rasa gabungan antara pedas dan manis. Jajanan satu ini pas banget dinikmati saat sore hari. Sudah ada yang pernah coba, guys?

5. Miso Ramen

somifoods.com

Siapa yang nggak kenal ramen? Sudah pasti semua tau dong, atau bahkan sudah ada yang sering makan?

Ramen memang menjadi makanan yang sangat populer di Asia. Di negeri asalnya, Jepang, ramen sendiri terdiri atas tiga macam kuah, yakni Soyu (kecap asin), Miso (tauco), dan Shio (garam). Ramen juga disajikan dengan macam mie yang nggak kalah beragam. Mulai dari mie yang tipis, hingga yang tebal dengan kombinasi tekstur lurus dan keriting, disajikan matang atau setengah matang.

Bersama kuah yang legit, miso ramen biasa disajikan dengan beragam isi seperti ayam, telur, jamur hitam dan jagung.

6. Sate

emaze.com

Sate adalah jajanan kaki lima yang tersedia di berbagai belahan dunia. Walaupun begitu, sate ternyata merupakan makanan asli Asia, yakni Indonesia yang pertama kali memperkenalkan!

Sate ini menjadi salah satu streetfood yang sangat digemari di Asia lho! Awalnya, sate diadaptasi oleh muslim di Indonesia dari kebab India. Sate disajikan dengan potongan kecil-kecil, kemudian ditusuk dan dibakar. Sate Indonesia kian populer di dunia karena citarasa khas dari bumbu kacang yang endes banget!

Wah, salut deh sama makanan Indonesia!

7. Kimbap

wikipedia.org

Hayo, yang suka nonton drama Korea pasti kenal banget sama makanan satu ini. Kimbap!

Kimbap sendiri terdiri dari dua kata yakni kim yang berarti rumput laut kering, dan bap yang berarti nasi putih kukus. Kimbap memang mirip dengan sushinya orang Jepang.

Kimbap sering disajikan dengan ikan, telur, sayuran dan ditambah dengan garam dan minyak wijen yang membuat rasanya super lezat. Kimbap ini sangat mudah ditemui di banyak kedai di Korea Selatan, tentunya dengan berbagai macam varian. Walaupun identik dengan makanan piknik, nggak ada salahnya lo kamu mencoba kimbap saat jalan-jalan santai di Korea.

8. Pi

topchinatravel.com

Liangpi adalah makanan yang berupa mie, yang terbuat dari tepung gandum atau beras. Makanan kaki lima khas China ini biasa disajikan dengan cuka, garam, pasta wijen dan minyak cabai. Biasanya, para penikmat liangpi ini juga suka memakan mie dengan tambahan sayur, seperti mentimun dan tauge.

Liangpi ini merupakan makanan yang berasal dari provinsi Shaanxi, dan berkembang menjadi streetfood yang banyak diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke China. Hidangan liangpi ini memang terbilang ringan karena tidak disajikan dalam porsi besar, tetapi dijamin deh rasanya bikin kamu puas banget!

9. Kwek Kwek

willflyforfood.net

Sama seperti tempura asal Jepang, kwek-kwek merupakan jajanan yang terbuat dari adonan yang sudah dilembutkan, berisi telur puyuh dengan warna orange yang menarik.

Kwek-kwek sering disebut tokneneng, padahal kedua makanan tersebut berbeda. Jika Kwek-kwek umumnya disajikan bersama saus pedas, telur puyuh dan bumbu atsuete, maka tokneneng menggunakan telur besar sebagai ganti telur puyuh.

Jajanan khas Filipina ini sekarang sudah memiliki popularitas di kancah pariwisata internasional lho! Walaupun sederhana, tapi jangan salah, kwek-kwek punya citarasa yang gurih, dijamin bikin kamu ketagihan!

10. Jalebi

flickr.com/photos/fabulousfabs

Dan, yang terakhir ada jalebi. Kudapan khas India ini digemari banyak orang karena punya rasa yang manis. Sekilas penampilan jalebi mirip kerupuknya Indonesia, itu karena proses mencetaknya yang sama.

Jalebi ini merupakan makanan yang terbuat dari adonanan tepung gandum atau beras yang digoreng, kemudian ditambah dengan sirup gula. Jalebi kadang juga disajikan oleh orang India dengan campuran yogurt.

Walaupun jalebi ini lebih identik dengan sajian pesta pernikahan/festival, namun jangan khawatir. Saat ini, jalebi sangat mudah dijumpai di kedai-kedai kaki lima, di berbagai wilayah India.

Berita Yang Terkait

Leave a Comment