Search

5 Spesifikasi Hardware

5 Spesifikasi Hardware Jika kamu ingin mendapatkan smartphone baru maka spesifikasi hardware merupakan faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Spesifikasi perangkat keras dari smartphone pilihan kamu akan menentukan segalanya mulai dari kekuatan sinyal hingga kinerja aplikasinya.

Meskipun ada faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan saat membeli smartphone seperti fitur kamera, rating IP, dan jenis displaynya tapi komponen di dalam perangkat inilah yang menentukan kinerjanya.

1. Baterai

expertreviews.co.uk

Daya tahan baterai sangat penting bagi kebanyakan pengguna smartphone dan komponen ini bergantung pada berbagai faktor. Kapasitas baterai smartphone diukur dalam mAh, namun berapa lama dapat bertahan bagi penggunanya dipengaruhi oleh jenis tampilan dan konsumsi daya chipset.

2. RAM

muycomputer.com

Jumlah RAM pada smartphone secara langsung mempengaruhi kinerja smartphone itu sendiri. Terutama saat menjalankan banyak aplikasi serta program intensif lainnya. Jika tidak mau smartphone milikmu bekerja dengan lambat karena beban berat maka pilihlah smartphone dengan jumlah RAM yang cukup banyak.

3. Memori

clark.com

Memori merupakan spesifikasi penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli smartphone, terutama jika kamu suka mengambil dan berbagi banyak gambar atau video. Selain itu, pengguna yang menikmati media di ponsel mereka atau menikmati unduhan sejumlah aplikasi mungkin memerlukan jumlah penyimpanan yang relatif besar.

4. Jaringan

sohu.com

Dukungan konektivitas perangkat terkait dengan chipset yang menjalankannya, jadi sangat penting untuk menentukan kemampuan jaringan smartphone. Jika kamu mencari kecepatan transfer data tercepat maka kamu harus memastikan modem smartphone kamu mendukung konektivitas LTE. Selain itu kamu juga harus memeriksa kecepatan maksimum yang dimilikinya.

5. Chipset

deccanchronicle.com

Kekuatan pemrosesan suatu perangkat sangat bergantung pada sistem on chip atau SoC yang terdiri dari central processing unit atau CPU dan graphics processing unit atau GPU. Smartphone high-end biasanya memiliki chip terbaru dari Qualcomm, MediaTek, atau silikon milik mereka sendiri.

Nah sudah tahu kan apa saja yang harus dicheck sebelum membeli smartphone? Mulai cerdas dan teliti saat ingin membeli smartphone ya, guys!

Berita Yang Terkait

Leave a Comment