Search

Bedakan Telur Segar dan Busuk

Bedakan Telur Segar dan Busuk Telur sejak lama diketahui memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh. Mulai dari meningkatkan sistem imun, hingga menutrisi kulit dan rambut.

Namun apa jadinya jika telur yang ingin dimasak dan dikonsumsi ternyata busuk? Selain baunya yang tidak sedap, telur busuk juga bisa bisa membuat seorang sakit perut dan keracunan.

Mengenali telur yang masih segar dan tidak busuk sendiri bisa dibilang pekerjaan yang tidak mudah. Tapi jangan khawatir, berikut ini cara mengenali telur yang masih segar seperti dilansir dari laman Metro.

Hal pertama yang harus diingat adalah cangkang atau kulit telur tidak benar-benar padat, alias keropos. Seiring waktu, uap air dan gas dilepaskan melalui cangkang keropos yang membuat udara di dalam telur lebih besar dan massa keseluruhan dari telur lebih ringan.

Jadi, cara lain untuk mengetahui telur sudah busuk ialah dengan cara mengapungkannya di air. Jika telur tenggelam hingga ke dasar, itu artinya masih sangat segar. Jika di tengah-tengah antara dasar dan permukaan, berarti masih cukup segar untuk dikonsumsi, tapi sebaiknya disajikan sebagai telur dadar atau dipanggang.  Jika telur ternyata mengapung di atas permukaan air, dipastikan telur itu sudah busuk. Jadi, jangan dikonsumsi.

Telur mata sapi

Selain cara tersebut, cek dengan cara membuka lalu meletakkannya ke dalam piring untuk melihat kondisi kuning dan putih telur. Telur segar akan memiliki kuning telur menggembung di antara permukaan putih telur.

Putih telur juga harus bertekstur jelas, jika tidak segar akan terlihat lebih encer. Pastikan juga mencium telurnya. Jika ada bau tak sedap bahkan cenderung menyengat, sudah pasti busuk dan harus dibuang.

 

sumber

Berita Yang Terkait

Leave a Comment