Search

Bus Barunya Copy Paste Singapura

Bus TransJakarta siap punya model baru. Ratusan armada disiapkan dengan mengusung frame dan bodi alumunium. Dipastikan bus-bus yang rencananya akan hadir dalam waktu dekat itu punya daya angkut penumpang lebih banyak.

Jika TransJakarta sebelumnya hanya mampu mengangkut 66 penumpang, armada baru akan bisa mengangkut 73 penumpang dan dua kursi roda. Perakitan dilakukan di dua tempat, salah satunya di karoseri Nusantara Gemilang, Kudus, Jawa Tengah.

Direktur Teknis dan Fasilitas PT Transjakarta Wijanarko mengatakan, ada perbedaan berat antara bus berbodi alumunium dengan bahan metal. Bobotnya bisa lebih ringan 800 kilogram.

“Kami mengubah konfigurasinya, sekarang tempat kursi rodanya ada dua. Terus terang bus ini karena saya enggak punya ide, jadi copy paste dari Singapura. Kebetulan yang buat bus ini sama seperti yang buat bus angkutan kota di Singapura dan mereka yang membuat,” ujarnya di Semarang, Jawa Tengah, Rabu 14 Februari 2018.

Dia menjelaskan, sebelum meniru, TransJakarta sudah meminta izin terlebih dahulu dengan pihak terkait. Pertimbangannya secara desain bus di Singapura nyaman dan luas.

“Karena kita sudah merasakan flow-nya enak, depan bisa dua lajur keluar masuk bisa (pintu masuk depan), tengah juga bisa. Akhirnya kita samakan saja dengan Singapura, modulnya juga sudah ada. Itulah latar belakangnya, sehingga kita bisa mempercayakan warga negara kita yang expert di luar negeri dan kita kumpulin di Kudus ini,”  ujarnya menambahkan.

Related posts

Leave a Comment