Search

Gara-gara Ini, Elektabilitas SBY Pernah Anjlok 10 Persen

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Presiden keenam RI mendoakan Joko Widodo sukses menjalankan tugas di akhir masa jabatannya.

“Semoga Bapak berhasil menuntaskan tugas dan pengabdian dengan hasil dan capaian yang setinggi tingginya. Semoga di Pilpres 2019, Bapak juga sukses sesuai dengan keinginan Bapak,” kata SBY saat Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Sabtu 10 Maret 2018.

SBY memberi masukan langsung pada Jokowi. Tantangan ke depan adalah bagaimana mengelola perekonomian Indonesia di tingkat global, nasional maupun kawasan.

“Rakyat kita sungguh berharap ekonomi tumbuh tinggi dan kuat, sehingga taraf hidup menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

SBY mengungkapkan, kondisi itu pernah dialaminya saat menjalankan tugas sebagai presiden. Di mana jelang Pemilu, ekonomi dan harga minyak bumi naik, hal itu berdampak pada jebloknya elektabilitas SBY sebagai kandidat calon Presiden dalam 2009.

“Akhirnya elektabilitas saya jatuh. Elektabilitas saya sebagai capres dulu jatuh, turun 10 persen, namun alhamdulillah Allah menolong Indonesia, harga yang meroket menurun. Indonesia selamat dari krisis ekonomi global,” ucap dia.

Berkaca dari pengalaman itu, SBY mengingatkan Jokowi agar berhati-hati mengambil kebijakan terutama di sektor ekonomi.

“Andai kata ada tekanan ekonomi dari ekonomi kawasan, kalau dulu kami bisa. Insya Allah Bapak juga bisa mengelola,” katanya. (one)

Berita Yang Terkait

Leave a Comment