Search

Liga 1 Belum Penuhi Persyaratan Rekomendasi BOPI

Liga 1 Belum Penuhi Persyaratan Rekomendasi BOPI Kendati telah diluncurkan dan bakal dihelat mulai akhir pekan ini, Liga 1 ternyata belum memenuhi semua kriteria yang disyaratkan. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai operator belum melengkapi persyaratan yang diminta oleh Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI).

Ketua Tim Verifikasi BOPI, Kol Iman Suroso menyebut telah menghubungi PT LIB dan PSSI terkait kekurangan persyaratan yang harus dipenuhi. Menurutnya, sudah ada beberapa berkas yang saat ini telah dipenuhi.

“Rencananya, besok mereka akan mengantar sejumlah persyaratan yang masih kurang. Besok, kami akan lanjutkan proses verifikasi pada dokumen yang sudah masuk. Kami juga akan menunggu dokumen yang masih kurang,” ujar Iman Suroso, pada Bola.net.

PT LIB sendiri sudah sempat meyerahkan sebagian dokumen yang diperlukan pada BOPI pada awal Februari 2018 lalu. Waktu itu, mereka berasumsi bahwa kompetisi akan dihelat mulai 10 Maret.

Kompetisi sendiri saat ini dijadwalkan bakal dihelat pada 23 Maret dan akan berakhir pada pekan pertama Desember 2018. Sementara, di tengah kompetisi, dimulai pada akhir April, bakal dihelat Piala Indonesia.

Menurut Iman, dari dokumen yang sudah masuk, tak ada permasalahan dengan klub-klub peserta Liga 1, terutama dari sisi legalitas. Namun, ia menambahkan masih ada sedikit permasalahan dengan dokumen pemain asing.

Iman menyebut bahwa selain legalitas, BOPI juga menyoroti permasalahan lainnya yang masih mengganjal. Salah satunya adalah pelunasan tunggakan gaji klub pada pemain dan offisial untuk musim kompetisi 2017.

“Memang sempat ada permasalahan ini. Namun, ketika rapat dengan Menpora, mereka mengaku sanggup menyelesaikan. Kita tunggu saja laporan resinya,” tutur Iman.

Iman tak mau menegaskan tenggat waktu penyerahan dokumen tersebut. Ia menyebut, bahwa pada semua cabang olahraga BOPI telah memberi batas bahwa penyerahan dokumen harus tuntas paling lambat dua pekan sebelum rencana acara dimulai. “Namun, untuk PSSI tak semudah itu,” tutupnya.

sumber

Berita Yang Terkait

Leave a Comment