Search

Makin Buas dan Ringan

Geneva International Motor Show 2018 menjadi ajang pembuktian sejumlah pabrikan mobil dunia untuk memamerkan karya terbaru mereka. Tidak ketinggalan Porsche yang akan menampilkan 911 GT3 RS model 2019 pada gelaran yang akan dihelat di Swiss pada Maret nanti.

Sebelumnya, Porsche memiliki GT2 RS yang juga berbasis platform 911 sebagai mobil balap dengan plat nomor. GT2 RS Hadir dengan tenaga mesin besar, juga performa di lintasan balap Nurburgring, Jerman yang mampu menyaingi torehan waktu satu lap Lamborghini Huracan serta saudara satu mereknya yakni Porsche Spyder.

Seperti belum puas dengan GT2 RS yang diluncurkan pada pertengahan tahun lalu, Porsche kembali melakukan penyegaran pada GT3 RS yang terakhir dilakukan 2015 silam.

Dari luar, aerodinamika khas model GT begitu kental, didukung material ringan karbon fiber pada kap mesin serta wujud yang sharing platform dengan 911 GT3 Cup. Sementara bagian lainnya dikonstruksi dari bahan magnesium yang juga ringan serta lebih kuat.

Fascia depannya disematkan ‘bibir’ yang lebih besar serta side skirt yang lebih lebar untuk meningkatkan daya dorong ke bawah atau downforce. Di belakangnya juga dilengkapi sayap spoiler dengan desain yang baru sehingga menghasilkan downforce dua kali lebih optimal dibanding model sebelumnya.

Dari penggunaan material lebih ringan dan ubahan bentuk yang meningkatkan aerodinamika, total bobotnya bisa dipangkas hingga 1,4 kg. Angka yang signifikan untuk sebuah mobil yang hidup di dua alam, balap dan jalanan biasa.

Bicara jantung mekanis, GT3 RS ini dibekali mesin 4 liter 6 silinder naturally aspirated (NA), mesin yang sama pada GT3 RS sebelumnya. Mesinnya tersebut mampu memproduksi tenaga lebih besar 20 dk menjadi 520 dk pada 8.250 rpm serta torsinya sebesar 346 Nm yang disalurkan pada 7-percepatan transmisi kopling ganda.

Soal larinya jangan ditanya, 0 hingga 100 km dapat ditempuh dalam waktu 3,0 detik saja, dan lagi-lagi catatan waktu tersebut lebih baik ketimbang versi lawasnya. Selain itu, kecepatan puncaknya mencapai 312 km/jam, dan tentunya dapat diadu dengan Lamborghini Gallardo yang memiliki top speed yang sama.

Porsche GT3 RS ini dilabeli harga 188,5 ribu dolar Amerika atau sekitar Rp 2,5 miliar (nilai tukar per 22 Faberuari 2018). Apabila menginginkan unitnya dengan velg berbahan magnesium, ada tambahan 13 ribu dolar Amerika.

Berita Yang Terkait

Leave a Comment