Search

Menggelar Pesta Pernikahan

Menikah adalah salah satu impian setiap manusia. Banyak yang harus dipersiapkan dari mental hinggal materi, terutama dari segi biaya. Butuh biaya cukup besar agar bisa mengadakan acara pernikahan yang diimpikan. Untuk kamu yang merasa budgetmu masih minim, ini ada tips agar menikah tidak membuat kantongmu jebol. Dari mulai prewedding hingga dekorasi gratis. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

1. Membentuk panitia dari keluarga dan sahabat

Instagram.com/megaiskanti

Tips pertama yang bisa kamu lakukan agar dapat menekan budget yaitu tidak menggunakan WO atau Wedding Organizer. Buatlah sebuah panitia keluarga atau sahabatmu untuk mengatur acaramu di hari pernikahanmu. Persiapan sebelum menikah juga bisa tetap kamu yang mengatur sesuai keinginanmu kok! Dengan cara ini kamu bisa menghemat budgetmu sekitar 20-30%. Lumayan, kan?

2. Prewedding gratis

Bagi kamu yang tetap ingin prewedding, kamu bisa mengakalinya dengan jalan-jalan ke suatu tempat yang bisa dijadikan background foto prewedding. Tidak perlu menyewa fotografer dan baju untuk prewedding, Cukup pakai baju yang kamu punya dengan tema simpel. Jika kamu kesulitan untuk mengambil foto berdua dengan pasanganmu, kamu bisa aja keluarga atau sahabatmu untuk membantumu mengambil foto. Lalu kamu bisa mencetak foto-foto prewedding sesuai budgetmu.

3. Menyewa baju pernikahan

Dengan menyewa baju pernikahan juga bisa mengurangi budget. Tidak perlu menjahit baju pernikahan yang sekarang ini harganya bisa selangit! Toh nantinya juga gak akan dipakai lagi kan?
Saat ini sudah banyak penyewaan baju pernikah sepaket dengan pakaian orangtua mempelai. Tentu pastinya dengan harga yang lebih murah dibanding menjahit. Kamu cukup menyiapkan budget 5-15 juta untuk menyewa baju pengantin beserta pakaian orang tua.
Penekanan budgetmu bisa mencapai sekitar 10-20%.

4. Memanfaatkan Gratis Dekorasi dari Katering

Instagram.com/mputrasetia

Beberapa jasa katering memberikan potongan harga bahkan gratis untuk dekorasi ketika kamu memesan makanan lebih dari minimal pemesanan porsi makanan. Contohnya, Katering memberikan jasa dekorasi gratis untuk klien yang memesan makanan minimal 1000 porsi. Penawaran seperti ini dapat kamu manfaatkan untuk penekanan budgetmu. Mungkin dekorasi belum tentu cocok dengan keinginanmu, tapi jika budgetmu tipis, kamu bisa menggunakan penawaran tersebut.
Dengan jasa seperti ini kamu dapat mengurangi biaya pernikahan sebesar 40-50% dengan biaya dekorasi yang sangat mahal.

5. Menggunakan jasa teman untuk dokumentasi

Instagram.com/mputrasetia

Perihal jasa dokumentasi, jika kamu memiliki teman yang menguasai dunia fotografi atau videografi, mereka bisa kamu manfaatkan. Mungkin dengan negosiasi dengan temanmu mengenai budget yang kamu miliki untuk dokumentasi, kamu bisa mendapatkan harga yang cukup terjangkau dengan kualitas foto yang bagus.

Nah, itu dia beberapa tips untuk menghemat budget pesta pernikahanmu. Semoga kamu berhasil menggelar resepsi impianmu!

Berita Yang Terkait

Leave a Comment