Search

Survei: Ustaz Abdul Somad Kalahkan Menteri Susi dan Cak Imin

Lembaga survei Media Nasional (Median) merilis hasil survei terbaru dengan menempatkan Ustaz Abdul Somad sebagai bakal calon presiden. Munculnya nama Abdul Somad disuarakan responden.

Padahal, tak ada nama Somad dalam 33 nama tokoh dalam daftar Median yang berpeluang menjadi bakal capres.

Munculnya Abdul Somad ini juga menyisihkan beberapa nama yang justru masuk daftar 33 nama seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Abdul Somad dapat elektabilitas 0,3 persen. Sementara itu, Menteri Susi dan Cak Imin hanya 0,2 persen.

“Ustaz Abdul Somad memiliki elektabilitas 0,3 persen dalam survei yang digelar antara 1 hingga 9 Februari 2018,” ujar Direktur Median, Rico Marbun, dalam rilis survei yang diterima VIVA, Jumat, 23 Februari 2018.

Survei dilakukan 1-9 Februari 2018 dengan 1.000 responden yang tersebar acak, namun mewakili populasi seluruh warga Indonesia yang memiliki hak pilih di Pilpres 2019. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling dengan tingkat kesalahan survei kurang lebih 3,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dengan metode ini, kata Rico, agar bisa mengetahui persepsi masyarakat terkait nama-nama tokoh yang berpeluang menjadi bakal capres.

Dalam survei, dua tokoh yang bersaing di Pilpres 2014 yaitu Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih menduduki urutan teratas potensi elektabilitas. Jokowi meraih angka 35,0 persen, sedangkan Prabowo 21,2 persen. Dua figur ini terutama Jokowi sebagai petahana cenderung menurun elektabilitasnya.

Sementara itu, ada tiga tokoh lain yang cenderung justru meningkat elektabilitasnya. Pertama, mantan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang pada survei kali ini dengan perolehan 5,5 persen. Angka ini meningkat daripada Oktober 2017 yang diraih Gatot yakni 2,8 persen.

Kedua, Gubernur DKI, Anies Baswedan yang juga meningkat dari 4,4 persen menjadi 4,5 persen. Lalu, ketiga ada Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dengan 3,3 persen. Pada survei Oktober 2017, elektabilitas AHY hanya di bawah 1 persen.

Berita Yang Terkait

Leave a Comment