Search

Tabungan Masih Kecil Meski Gaji Sudah Besar?

Gaji yang besar memang bisa dikatakan menguntungkan dari segi finansial setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa mengelola gaji yang besar tersebut.

Ada banyak orang yang bahkan terlena dengan besarnya gaji yang mereka dapatkan. Mungkin karena mereka beranggapan bisa membeli barang dengan mudah menggunakan gaji besar tersebut dan lain sebagainya.

Ada kalanya Anda berpikir tentang gaji dan apa yang akan dilakukan dengan gaji tersebut. Jangan asal menggunakan gaji Anda untuk sesuatu yang tidak bermanfaat. Permasalahan yang sering terjadi pada orang dengan gaji besar adalah tabungan. Banyak orang mendapatkan gaji besar, tapi memiliki tabungan yang nilainya masih kecil.

Mengapa demikian? Berikut inilah sebabnya kenapa tabungan masih kecil sekalipun gaji sudah besar.

1. Gaya Hidup yang Dijalani
Gaya hidup adalah cara hidup seseorang yang sering kali dikaitkan dengan kondisi ekonomi orang tersebut. Semakin tinggi pendapatan, bisa menjadikan standar atau gaya hidup seseorang semakin tinggi juga.

Gaya hidup sendiri bisa berubah karena pergaulan. Misalnya, nongkrong dengan teman-teman yang konsumtif. Mau tak mau Anda mesti siap keluarkan uang yang cukup besar untuk bisa nongkrong bareng.
2.Bertambahnya Pengeluaran
Pada umumnya, orang akan mulai memikirkan kegiatan baru ketika mendapatkan kenaikan gaji yang tinggi. Selain itu, banyak dari mereka juga mulai untuk mengajukan kartu kredit pada bank untuk memenuhi keinginan belanjanya, bahkan gaya hidupnya.

Tentu hal ini akan memakan biaya yang cukup besar sehingga akan banyak sekali pengeluaran setiap bulannya. Untuk menghindari banyaknya pengeluaran, Anda sebaiknya pandai dalam memilah apa saja kebutuhan yang harusnya dipenuhi dan mana yang tidak harus dipenuhi.
3.Tanggung Jawab Bertambah
Kenaikan gaji memang akan membuat hidup lebih baik, tapi tidak semuanya bisa diatasi dengan mudah. Tingginya gaji juga akan memengaruhi besarnya tanggung jawab Anda. Pertama, tanggung jawab atas pekerjaan harus lebih diperhatikan.

Jika Anda mendapatkan kenaikan gaji di kantor karena jabatan, tentu akan besar tanggung jawab Anda atas pekerjaan tersebut.

Kedua, tanggung jawab atas keluarga juga semakin besar. Sebab kebutuhan dalam keluarga juga cenderung ikut betambah.
4.Belanja di Mal
Tingginya gaji membuat seseorang merasa mulai bisa lega dan bisa mendapatkan apa pun yang diinginkan. Karena itu, banyak sekali orang yang sudah mulai tinggi gajinya berani mengajukan kartu kredit cuma belanja barang-barang keinginannya, bahkan hampir setiap hari. Jalan dan belanja ke mal membuat seseorang mengalami pengurangan tabungan.

Jalan dan belanja ke mal memang tidaklah salah. Namun, kembali lagi pada diri Anda. Apakah hal tersebut wajar atau tidak sama sekali. Buatlah jadwal sendiri untuk hangout bersama sahabat atau keluarga. Buatlah list belanja dengan cermat agar nantinya tidak merugikan Anda di masa mendatang.
5.Pengeluaran yang Ada Tidak Dicatat
Banyak sekali orang yang mengabaikan masalah catatan pengeluaran atau belanja. Hal inilah yang dapat membuat Anda sulit, bahkan tidak bisa mengontrol keuangan setiap bulannya. Mengapa demikian? Bisa jadi karena Anda sibuk bekerja sehingga catatan pengeluaran menjadi salah satu hal yang kurang penting bagi Anda.

Catatlah detail pengeluaran Anda. Mulai dari biaya transportasi, biaya makan, hingga pengeluaran rumah tangga juga harus dikontrol dengan mencatat pengeluarannya. Untuk mencegah mengecilnya nilai tabungan, Anda sebaiknya membuat list belanja dan melakukan belanja bulanan hanya satu bulan sekali atau satu bulan dua kali saja.

Related posts

Leave a Comment